Tuesday, May 26, 2009

Father's Day

Sonora Dodd, dari kota Washington, merupakan orang pertama yang mengusulkan ide akan hari Ayah timbul pada saat dia sedang mendengar khotbah pada hari Ibu tahun 1909.

Sonora menginginkan sebuah hari khusus untuk menghormati ayahnya, William Smart. Ayahnya merupakan seorang veteran perang, menduda ketika istrinya meninggal pada saat melahirkan anaknya yang baru lahir beserta lima anak lainnya sendirian di sebuah ladang pedesaan di bagian timur Washington.

Setelah Sonora tumbuh dewasa, dia menyadari bahwa sikap tanpa pamrih ayahnya telah ditunjukkan dalam membesarkan anak-anaknya sebagai orang tua tunggal. Semua pengorbanan orang tua telah dilakukan oleh
ayahnya, dan ia merupakan seorang pemberani, tidak egois dan pria yang penuh dengan kasih sayang dimata anak-anaknya. Oleh sebab itu tanggal 5 Juni yang merupakan hari ulang tahun ayahnya, dipilih
sebagai perayaan hari Ayah pertama, namun perayaan tersebut ditunda sampai tanggal 19 Juni, minggu ke-3 bulan Juni di Spokane, Washington, akibat waktu yang tidak cukup untuk melakukan persiapan.

Pemakaian bunga ros merupakan tradisi akan perayaan hari Ayah. Sonora Dodd menandakan bunga ros merah untuk menghormati ayah yang masih hidup, sedangkan ros putih untuk menghormati ayah yang telah tiada.

Pada tahun 1924, Presiden Calvin Coolidge mendukung ide akan hari Ayah nasional, tetapi hal tersebut tidak pernah menjadi hari resmi sampai tahun 1966 ketika Presiden Lyndon Johnson menandatangani proklamasi kepresidenan yang menyatakan bahwa minggu ketiga bulan Juni merupakan hari Ayah.

Hari Ayah telah menjadi sebuah hari yang bukan hanya untuk menghargai seorang yang berstatus Ayah saja, tetapi semua pria yang berlaku seperti tokoh seorang Ayah. Ayah tiri, paman, kakak, dan pria dewasa lainnya harus dihormati pada hari Ayah.

Happy Father's Day

0 comments: